MATERITIK KELAS XII

Adobe photoshop

 Adobe Photoshop

Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 dan versi yang terakhir (keduabelas) adalah Adobe Photoshop CS5.
Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver.

Pengembangan

Pada tahun 1987, Thomas Knoll, mahasiswa PhD di Universitas Michigan, mulai menulis sebuah program pada Macintosh Plus-nya untuk menampilkan gambar grayscale pada layar monokrom. Program ini, yang disebut Display, menarik perhatian saudaranya John Knoll, seorang karyawan di Industrial Light & Magic, yang merekomendasikan Thomas agar mengubah programnya menjadi program penyunting gambar penuh. Thomas mengambil enam bulan istirahat dari studi pada tahun 1988 untuk berkolaborasi dengan saudaranya pada program itu, yang telah diubah namanya menjadi ImagePro.[1] Setelah tahun itu, Thomas mengubah nama programnya menjadi Photoshop dan bekerja dalam jangka pendek dengan produsen scanner Barneyscan untuk mendistribusikan salinan dari program tersebut dengan slide scanner; "total sekitar 200 salinan Photoshop telah dikirimkan" dengan cara ini.[2]
Selama waktu itu, John bepergian ke Silicon Valley di California dan memberikan demonstrasi program itu kepada insinyur di Apple Computer Inc. dan Russell Brown, direktur seni di Adobe. Kedua demonstrasi itu berhasil, dan Adobe memutuskan untuk membeli lisensi untuk mendistribusikan pada bulan September 1988.[1] Sementara John bekerja pada plug-in di California, Thomas tetap di Ann Arbor untuk menulis kode program. Photoshop 1.0 dirilis pada 1990 khusus untuk Macintosh.[3]

Fitur
Meskipun pada awalnya Photoshop dirancang untuk menyunting gambar untuk cetakan berbasis-kertas, Photoshop yang ada saat ini juga dapat digunakan untuk memproduksi gambar untuk World Wide Web. Beberapa versi terakhir juga menyertakan aplikasi tambahan, Adobe ImageReady, untuk keperluan tersebut.
Photoshop juga memiliki hubungan erat dengan beberapa perangkat lunak penyunting media, animasi, dan authoring buatan-Adobe lainnya. File format asli Photoshop, .PSD, dapat diekspor ke dan dari Adobe ImageReady. Adobe Illustrator, Adobe Premiere Pro, After Effects dan Adobe Encore DVD untuk membuat DVD profesional, menyediakan penyuntingan gambar non-linear dan layanan special effect seperti background, tekstur, dan lain-lain untuk keperluan televisi, film, dan situs web. Sebagai contoh, Photoshop CS dapat digunakan untuk membuat menu dan tombol (button) DVD.
Photoshop dapat menerima penggunaan beberapa model warna:
Versi terbarunya, yang dirilis pada tahun 2005, adalah versi 9. Program ini dipasarkan dengan nama "Photoshop CS2." "CS" merefleksikan integrasi produk Photoshop dengan aplikasi "Creative Suite buatan Adobe dan disebut "2" karena program ini adalah versi rilis ke-2 sejak Adobe mengintegrasikan kedua produknya. Ada beberapa pada tambahan pada Photoshop CS2 seperti multiple layer selecting dan "warp," versi kurva dari transform tool dan color replacement tool, yang sebelumnya hadir sebagai plug-in 8BF.
Untuk para penggemar fotografi, Adobe menyediakan filter "reduce grain" (mengurangi grain) yang dapat membantu mengoptimalkan foto yang diambil pada kondisi kekurangan cahaya. Untuk "memperjelas" perbedaan produk CS dengan produk-produk Photoshop sebelumnya, Adobe menghilangkan lambang mata Photshop, yang dipresentasikan dalam bentuk yang berbeda-beda sejak versi 3 sampai versi 7. Photshop CS dan CS2 kini menggunakan bulu sebagai ikon dan bentuk identifikasinya.

Ikon untuk Photoshop CS3 Beta.
Versi beta Photoshop CS3 telah dirilis untuk pengguna CS2 pada tanggal 15 Desember 2006. Berbeda dengan Photoshop CS dan CS2 yang menggunakan bulu sebagai logonya, Logo untuk edisi ketiga ini berbentuk tipografi, dengan huruf 'Ps' berwarna putih dan berlatar belakang biru-gradien.

Camera RAW 3.x
Versi terakhirnya dilengkapi dengan Adobe Camera RAW, sebuah plugin yang dikembangkan oleh Thomas Knoll yang dapat membaca beberapa format file RAW dari kamera digital dan mengimpornya langsung ke Photoshop. Versi awal RAW plugin ini juga tersedia untuk Photoshop 7.0.1 dengan tambahan biaya $99 USD.
Secara Photoshop adalah sebuah program penyunting gambar standar industri yang ditujukan untuk para profsional raster grafik, harga yang ditawarkan pun cukup tinggi; kira-kira US$600. Keadaan ini memancing beberapa programer untuk merancang peralatan grafik (graphics tools) dengan harga yang lebih terjangkau. Untuk menghadapi persaingan ini, dan untuk menghadapi pembajakan produknya, Adobe memperkenalkan Photoshop Elements, sebuah versi lain dari Photoshop yang lebih minimalis, dengan harga terjangkau; di bawah US$100. Produk ini ditujukan untuk pengguna rumahan dan menghilangkan beberapa fitur profesional.

Format File

Photoshop memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis gambar berformat raster dan vektor seperti .png, .gif, .jpeg, dan lain-lain. Photoshop juga memiliki beberapa format file khas:
  • .PSD (Photoshop Document) format yang menyimpan gambar dalam bentuk layer, termasuk teks, mask, opacity, blend mode, channel warna, channel alpha, clipping paths, dan setting duotone. Kepopuleran photoshop membuat format file ini digunakan secara luas, sehingga memaksa programer program penyunting gambar lainnya menambahkan kemampuan untuk membaca format PSD dalam perangkat lunak mereka.
  • .PSB' adalah versi terbaru dari PSD yang didesain untuk file yang berukuran lebih dari 2 GB
  • .PDD adalah versi lain dari PSD yang hanya dapat mendukung fitur perangkat lunak PhotshopDeluxe.

Tool

Tool dalam Adobe Photoshop adalah alat yang dapat membantu pengguna dalam mengedit. Adobe Photoshop CS3 memilikit 59 tool yang dapat dipakai oleh pengguna. Tool - tool tersebut terdiri dari berbagai macam tool dengan kegunaan yang spesifik. Beberapa tool - tool yang ada di Photoshop antara lain :
  • History Brush Tool
  • Eraser Tool
  • Path Selection Tool
  • Direct Selection tool
  • Pen Tool
  • Shape Tool
  • Brush Tool
  • Audio Annotation Tool
  • Eyedropper Tool
  • Measure Tool
  • Text Tool
  • Hand Tool          


PROGRAM GRAFIS

PROGRAM GRAFIS
A.Perbedaan grafik vektor dan citra bitmap
Ada dua kategori utama dalam grafik computer, yaitu grafik vektor dan citra bitmap. Memahamiperbedaan keduanya akan membantu dalam membuat, mengedit serta mengimpor atau mengekspor antar program pengolah grafik. Perangkat lunak pengolah citra yang menggunakan citra bitmapantara lain antara lain adalah Adobe Photoshop, Corel PHOTOPAINT dan Microsoft Paint. Sedangperangkat lunak pengolah grafik vektor misalnya adalah CorelDRAW, Adobe Illustrator danMacromedia Freehand.
Gambar 6.1 Editor citra bitmap Corel PhotoPaint Gambar 6.2 Editor grafik vektor Adobe Illustrator 
a.Grafik vekto
Perangkat lunak seperti CorelDRAW membuat grafik vektor, yang terdiri dari garis dankurva yang didefinisikan sebagai persamaan matematik disebut vektor. Program grafik vektor akan menggambarkan grafik berdasar karakteristik geometri. Sebagai contoh, gambar bansepeda dalam grafik vektor terdiri dari persamaan matematik tertentu dari gambar lingkarandengan radius tertentu, pada lokasi tertentu dan diberi dengan suatu warna tertentu. Gambar inidapat di dipindahkan, diubah ukurannya ataupun diubah warnanya tanpa kehilangan kualitasnya.
TIK KELAS XI70

 

 

Materi COREL DRAW 12 kelas 8

 


Materi Coreldraw
Interactive tool, Transformation, Shaping, Susunan Objek/Arrange, Efek Lens, Efek Power Clip________________________________________

KONSEP DESIGN
• Konsep : Ide / Gagasan
• Design : Hasil Rancangan

Konsep design :
adalah suatu ide / gagasan yang berada pada suatu rancangan, apakah rancangan itu berupa grafis, web ataupun animasi. Yang dituangkan dalam bentuk visual yang memiliki tujuan untuk mempengaruhi orang lain.

Konsep dasar dalam memulai suatu design:
• Memberi ide atau gagasan tentang point apa saja yang akan dibuat dalam suatu rancangan
• Tipografi : adalah ilmu untuk memilih atau menata huruf dalam suatu design, sehingga pembaca merasa nyaman dengan tampilan bacaan pada design, secara khusus seni huruf merupakan elemen utama bagi design yang menggunakan huruf sebagai design utama
• Warna: bagaimana warna dibuat semenarik mungkin
• Tata letak : tata letak gambar dan terang gelap menentukan suatu hasil design

Ilustrasi cara mendapatkan konsep design :
• Dikamar mandi orang biasa mendapat inspirasi/ ide-ide yang ekstim
• Di perjalanan ketika melihat baliho, iklan dll atau menyaksikan TV
• Termenung: seorang designer biasanya menyendiri atau santai untuk mendapatkan ide/gagasan
• Paksaan dan keterpaksaan tugas kantor atau deadline
Cat : Jika menemukan idea atau konsep secara tiba-tiba ada baiknya dicatat atau dilakukan goresan / berupa coretan.
Keuntungan dalam membuat suatu design konsep dapat dilihat dari 2 Nilai :
• Nilai Seni : Melalui sebuah coretan yang kita buat akibatnya ada sebuah respon & pandangan orang lain terhadap design kita.
• Nilai Jual

Perbedaan data vektor dan bitmap
• Ada dua tipe gambar yaitu data bitmap dan data vector :
• Bitmap adalah objek grafis yang tersusun atas pixel. setiap pixel atau sering disebut bit dalam objek tersebut memuat informasi berupa warna yang akan ditampilkan. Bitmap memiliki resolusi yang tetap dan tidak bisa diperbesar dengan tanpa kehilangan ketajaman resolusinya.
• Yang termasuk bitmap antara lain JPEG, TIFF, GIF, PICT, BMP, dll
• Vektor adalah sekumpulan objek yang membentuk garis atau bentuk tertentu, yang dapat didefisinikan secara matematis, diisi warna dan memiliki resolusi bebas, karena jenis data ini diperbesar dalam ukuran berapapun tidak terjadi kehilangan ketajaman resolusi.
• Gambar data vektor tersimpan dalam bentuk data geometri yang terdiri dari sejumlah titik dan garis atau kurva yang menghubungkanya. Contoh: dwg (AutoCAD),dxf (powerSHAPE & AutoCAD), ai (Adobe IIIustrator), fh (Macromedia Freehand), cdr (CorelDraw), wmf (Windows Meta File), eps Encapsulated PostScript, cgm (Compuer Grafik Metafile), dan lain-lain.




Membuka Corel Draw
• Klik Start - All Programs - pilih CorelDRAW Graphics Suite 12 - Klik CorelDraw 12.
• Cara lain: Klik shortcut di desktop yang bertuliskan CorelDraw 12.
Pengenalan Program Corel Draw.
CorelDraw 12 merupakan salah satu software desain grafis yang sangat terkenal. Berbagai fasilitas untuk mendesain tersedia di sini sehingga memudahkan para penggunanya untuk memanfaatkannya. CorelDraw 12 dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari membuat brosur, membuat pamphlet, surat undangan, majalah, brosur dan cover buku yang menarik.
Keunggulan Corel Draw
Kelebihan software ini yang lain adalah ketika kita membuat desain dibesarkan (zoom) berapapaun gambar kita gak pecah sehingga kita bisa lebih detaik ketika menggabungkan desain kita. Software berbasic vektor ini sangat familiar bagi pecinta desain grafis karena kemudahan yang ditawarkan.
Tampilan awal yang muncul ketika CorelDraw dibuka :
• New Graphic : digunakan untuk membuka ruang kerja baru.
• Open Last Edited : untuk mengaktifkan file yang sebelumnya teleh dibuat atau dibuka.
• Open Graphic : untuk mengaktifkan file yang teleh tersimpan pada memory/ disk
• Template : untuk mengaktifkan desain template yang telah tersedia/disediakan di dalam program CorelDraw
• Corel Tutor : untuk mengaktifkan tutorial interaktif yang ada/ terinstal dalam program CorelDraw.
• What’s New? : untuk mengetahui fasilitas terbaru apa saja yang ditawarkan oleh CorelDraw Versi terbaru ini dibandingkan dengan versi sebelumnya.
• Show this welcome sreen at startup : Perintah ini digunakan untuk memilih apakah menu welcome screen ini akan ditampilkan saat membuka program atau tidak.
Lingkungan Kerja CorelDraw 12



TOOL DASAR
• Rectangle Tool
• Ellipse Tool
• Basic Shapes, arrow shapes, Flowchart shapes, Callout shapes



Tool Tool Interaktif

1. Interactive Blend Tool digunakan untuk pembuatan objek berseri dari satu objek ke objek lain.
2. Interactive Contour Tool, digunakan untuk menampilkan objek sehingga tampak seperti rentetan objek yang terpusat.
3. Interactive Distorsion Tool, Kita dapat mendistorsi obyek dengan menggunakan tool Distorsion. kita dapat menerapkan efek push and pull untuk men-drag node-node kearah dalam atau keluar dari beberapa titik pada drawing page. Tool Zipper digunakan untuk mengubah garis ke kurva dan membuat efek zig-zag pada suatu obyek. Tool Twister digunakan untuk memutar-mutar node dengan arah searah jarum jam atau berlawanan jarum jam mengitari titik tengah.
4. Interactif Drop Shadow, Tool ini memungkinkan kita menerapkan efek bayangan kedalam obyek yang sedang dibuat. dengan adanya tool interactif ini kita dapat mengatur drop shadow secara langsung, seperti mangatur arah, tingkat transparansi dan warna drop shadow.
5. Interactive Envelope Tool digunakan untuk menambahkan efek - efek envelope
6. Interactive Extrude Tool, digunakan untuk memanipulasi objek sehingga tampak seperti objek tiga dimensi.
7. Interactive Transparency tool, digunakan untuk memberikan efek transparan pada obkek




Group dan Ungroup

Group digunakan untuk mengelompokan beberapa obyek menjadi satu. Sebaliknya Ungroup digunakan untuk memisahkan kembali obyek yang telah dikelompokan menjadi satu.
Susunan objek / Arrange
a. Bring to front (shift + page up) berguna untuk merubah urutan objek menuju susunan objek yang paling atas.
b. Send to back (shift + page down) berguna untuk merubah urutan objek menuju susunan objek yang paling bawah
c. Forward one (ctrl + page up) berguna untuk merubah objek terpilih menuju satu susunan diatasnya.
d. Back one (ctrl + page down) berguna untuk merubah objek terpilih menuju satu susunan dibawahnya
e. In Front of berguna untuk menentukan posisi objek terpilih diatas susunan objek yang menjadi tujuannya.
f. Behind berguna untuk menentukan posisi objek terpilih dibawah susunan objek yang menjadi tujuannya.

Text
Jenis-jenis text
1. Artisitic text

2. Paragraf


Variasi text
1. Fit Text to Path
Meletakkan Teks pada Path : Text > Fit text to path
Contoh :




2. Memberi warna tiap karakter pada Artisitic text, dengan menggunakan Shape tool




Efek Lens dapat digunakan untuk memanipulasi tampilan objek yang saling bertumpuk. Dengan fasilitas Lens, maka objek yang berada dibelakang seakan transparan.
Efek PowerClip dapat digunakan untuk mengambil bagian tertentu dari suatu objek sehingga bagian lain tidak tampak (Cropping).
Shortcut penting yang terdapat pada Coreldraw :
1. P : Membuat objek berada tepat ditengah page
2. Shift + F4 : Mengembalikan Posisi Page ke semula/Normal (100%)
3. Shift + drag objek : Menggambar objek dengan ukurang diameter Panjang dan Lebar yang sama.
 
Pengenalan Grafis Berbasis Vektor dan Berbasis BitmapThis is a featured page
1.1 Program Aplikasi Pembuat Grafis

Pengenalan Grafis Berbasis Vektor dan Berbasis Bitmap - TIK SMAN 12 Jakarta TimurPada pembuatan media Informasi digital seperti halnya website, eksistensi grafis sudah menjadi suatu kebutuhan. Bahkan, sudah menjadi hal yang konvensional jika suatu website hanya terdapat grafis tanpa adanya animasi, baik animasi berbasis grafis maupun berbasis suara. Tidak dapat di pungkiri lagi, grafis yang menjadi tolak ukur kualitas suatu program aplikasi atau website. Hal tersebut menimbulkan perang urat syaraf antar produsen software, terutama perusahaan yang bergerak dalam bidang design grafis, sehingga bermunculan software-software berbasis grafis dengan fitur-fitur (fasilitas) yang canggih, mudah dalam pengoperasian, menarik, dan compatible.A. Pengertian Grafis Berbasis Vektor dan Grafis Berbasis Bitmap
Grafis adalah gambar yang tersusun dari koordinat-koordinat. Dengan demikian sumber gambar yang muncul pada layar monitor komputer terdiri atas titik-titik yang mempunyai nilai koordinat. Layar Monitor berfungsi sebgai sumbu koordinat x dan y.

Pada desain grafis, desain dibagi menjadi 2 kelompok yakni desain bitmap dan vektor. Grafis desain bitmap dibentukPengenalan Grafis Berbasis Vektor dan Berbasis Bitmap - TIK SMAN 12 Jakarta Timur denganraster/pixel/dot/titik/point koordinat. Semakin banyak jumlah titik yang membentuk suatu grafis bitmap berarti semakin tinggi tingkat kerapatannya. Hal ini menyebabkan semakin halus citra grafis, tetapi kapasitas filenya semakin besar.

Ketajaman warna dan detail gambar pada tampilan bitmap bergantung pada banyaknya pixel warna atau resolusi yang membentuk gambar tersebut. Hal ini berkaitan erat dengan kemampuan monitor dan VGA ( Video Graphic Adapter ) yang digunakan. Jika gambar tampilan bitmap berresolusi tinggi di tampilkan pada monitor yang berresolusi rendah akan mengakibatkan gambar terlihat kasar , bahkan terlihat kabur berbentuk kotak-kotak ( juggy ) jika dilakukan pembesaran gambar. Satuan untuk ukuran grafis jenis bitmap ini adalah dpi ( dot per inch ) yang berarti banyaknya titik dalam satu inci. Untuk lebih memahami grafis jenis bitmap .

Beberapa grafis bitmap dapat Anda temui di file komputer, yakni file komputer yang berekstensi : .bmp, .jpg, .tif, .gif, dan .pcx. Grafis ini biasa digunakan untuk kepentingan foto-foto digital.

Program aplikasi grafis yang berbasis bitmap, antara lain : Adobe Photoshop, Corel Photopaint, Microsoft Photo Editor dan Macromedia Fireworks. Semua program tersebut menawarkan kemudahan dan kelengkapan fiturnya.

Pengenalan Grafis Berbasis Vektor dan Berbasis Bitmap - TIK SMAN 12 Jakarta TimurSelain grafis jenis bitmap, ada grafis jenis vektor yang merupakan perkembangan dari sistem grafis bitmap (digital). Grafis ini tidak tergantung pada banyaknya pixel penyusunnya dan kondisi monitor karena tampilan vektor tersusun atas garis-garis. Tampilan akan terlihat jelas meskipun dilakukan pembesaran (zooming).

Penggunaan titik-titik koordinat dan rumus-rumus tertentu dapat menciptakan bermacam-macam bentuk grafis, seperti lingkaran, segitiga, bujur sangkar dan poligon. Dengan demikian , pemakaian grafis vektor akan lebih irit dari segi volume file, tetapi dari segi pemakaian prosessor akan memakan banyak memori.

Program aplikasi grafis yang berbasis vektor antara lain : CorelDraw , Macromedia Free hand, Adobe Illustrator dan Micrografx Designer.


Perbedaan Grafis Vektor dan Grafis Bitmap
VektorBitmap
1. Gambar tetap jelas ketika di perbesar1. Gambar kurang jelas ketika di perbesar
2. Tersusun oleh garis dan kurva2. Tersusun atas titik-titik/dot
3. Ukuran File yang dihasilkan kecil3. Ukuran File yang dihasilkan besar
4. Kualitas grafis tidak bergantung dari banyaknya pixel4. Kualitas grafis bergantung dari banyaknya pixel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar