PROGRAM GRAFIS
A.Perbedaan grafik vektor dan citra bitmap
Ada dua kategori utama dalam grafik computer, yaitu grafik vektor dan citra bitmap. Memahamiperbedaan keduanya akan membantu dalam membuat, mengedit serta mengimpor atau mengekspor antar program pengolah grafik. Perangkat lunak pengolah citra yang menggunakan citra bitmapantara lain antara lain adalah Adobe Photoshop, Corel PHOTOPAINT dan Microsoft Paint. Sedangperangkat lunak pengolah grafik vektor misalnya adalah CorelDRAW, Adobe Illustrator danMacromedia Freehand.
Gambar 6.1 Editor citra bitmap Corel PhotoPaint Gambar 6.2 Editor grafik vektor Adobe Illustrator
a.Grafik vektor
Perangkat lunak seperti CorelDRAW membuat grafik vektor, yang terdiri dari garis dankurva yang didefinisikan sebagai persamaan matematik disebut vektor. Program grafik vektor akan menggambarkan grafik berdasar karakteristik geometri. Sebagai contoh, gambar bansepeda dalam grafik vektor terdiri dari persamaan matematik tertentu dari gambar lingkarandengan radius tertentu, pada lokasi tertentu dan diberi dengan suatu warna tertentu. Gambar inidapat di dipindahkan, diubah ukurannya ataupun diubah warnanya tanpa kehilangan kualitasnya.
TIK KELAS XI70
Gambar 6.2 Grafik vektor dengan perbesaran
Suatu grafik vektor dapat diubah skalanya pada berbagai ukuran dan dicetak pada berbagairesolusi tanpa kehilangan detil ataupun kejelasannya. Karena itu grafik vektor adalah pilihanterbaik untuk grafik yang harus menampilkan garis-garis tegas ketika diubah ke berbagai ukuran,misalnya suatu logo. Ukuran file grafik vektor tidak dipengaruhi oleh ukuran gambar. Ukuran filegrafik vektor hanya dipengaruhi oleh kompleksitas persamaan matematik dari gambar yangdibuat. Jika ada dua gambar dengan ukuran (dimensi) sama, misalnya gambar pertama berupasebuah lingkaran dan gambar kedua berupa tali yang dibuat melingkar-lingkar secara tidakberaturan, maka gambar kedua akan mempunyai ukuran file lebih besar dibanding yang pertama.Hal ini karena gambar kedua akan memerlukan persamaan dan hitungan matematik yang lebihkomplek dibanding yang pertama.
b.Citra bitmap
Perangkat lunak pengolah citra bitmap, seperti Adobe Photoshop, membuat citra bitmapmenggunakan suatu grid (dikenal juga sebagai
bitmap
atau
raster
) sebuah empat persegi kecilyang disebut
pixel
(picture element)
untuk menghasilkan grafik. Tiap pixel pada citra bitmapmempunyai warna dan lokasi tertentu. Contohnya, suatu ban sepeda terdiri dari kumpulan pixelyang merupakan bagian dari tampilan ban tersebut. Pada dasarnya ketika mengedit citra bitmap,yang diedit adalah pixel-pixel penyusunnya daripada objek atau bentuknya objek itu sendiri.Citra bitmap tergantung kepada resolusi, yaitu jumlah pixel penyusunnya. Contohnya, suatugambar yang mempunyai ukuran 1 cm
2
dan memiliki resolusi 72 x 72 =5.184 pixel per cm jikaukuran gambar diperbesar hingga 10 cm
2
jumlah pixelnya akan tetap, tetapi resolusinya akanmenjadi 51,84 pixel per cm. Jadi jika gambar tersebut diperbesar resolusinya akan makin kecilsehingga menjadi tidak tajam. Ilustrasi berikut adalah perbandingan suatu objek yang diperbesar menjadi 3 kali dan 24 kali.
Gambar 6.3 Citra bitmap yang diperbesar
B.Menggunakan editor citra bitmap
Perangkat lunak pengolah citra bitmap yang populer saat ini adalah
Adobe Photoshop
denganversi terakhir Adobe Photoshop CS2. Meskipun demikian pembahasan buku ini menggunakan AdobePhotoshop 7.0. Latihan-latihan yang disertakan sebagai bahan praktik bisa juga digunakan denganversi Photoshop 6.0. Selain digunakan untuk membuat citra bitmap, Photoshop juga banyakdigunakan untuk melakukan manipulasi pada citra digital, misalnya hasil bidikan kamera digital atauhasil pindai dari
scanner
.
TIK KELAS XI71
a.Antarmuka Photoshop
Sewaktu pertama kali diaktifkan,
setting
belum diubah, Photoshop akan menampilkan
screenshot
berikut:
Gambar 6.4 Jendela PhotoShop 7.0
Photoshop mempunyai beberapa bagian yang digunakan untuk membuat dan mengedit suatugambar. Elemen kerja Photoshop pada dasarnya terdiri dari baris
menu bar
,
tool box
dan
tooloptions
. Untuk mengedit citra
(image)
disediakan
layer
pallete
yang terdiri dari
layer
,
history
,
channel
,
path
dan
action
.
1)
Baris menu
, berisi item-item utama yang dipakai untuk pengelolaan citra Photoshop,misalnya ukuran area kerja, penyimpanan data, efek, pencetakan dan sebagainya.
2)
Toolbox
, berisi ikon-ikon yang dipakai untuk mengolah citra.
3)
Tool option
, berisi item-item tambahan berupa ikon dan teks yang pada dasarnya adalahmenu lanjutan dari
toolbox
.
4)
Pallete,
digunakan untuk untuk memonitor dan memodifikasi citra. Dalam Photoshop palleteakan ditampilkan secara bertumpuk, defaultnya sebelah kanan kanvas.
b Menyiapkan kanvas
Untuk membuka kanvas baru lakukan langkah-langkah berikut:
1)
Klik:
File
2)
Pilih dan klik:
New…
, sehingga akan ditampilkan kotak dialog berikut:
Gambar 6.5 Kotak dialog New
3)Pada kotak dialog yang ditampilkan lakukan pengaturan:
Name
: isikan nama citra bitmap yang akan dibuat
Preset Size
: pilih ukuran gambar dari berdasarkan pilihan yang telah tersedia.
TIK KELAS XI72
toolboxTool otionpalleteBaris menu
Width
: isikan lebar ukuran gambar
Height
: tentukan ukuran tinggi gambar
Resolution
: masukkan nilai resolusi gambar yang akan dibuat.
Mode
: tentukan mode gambar RGB, CMYK, Bitmap, grayscale atau lab. Color.
Content
: tentukan jenis background yang akan digunakan. Pilihan
white
akanmembuat warna latar menjadi putih.
Background color
membuatwarna latar sesuai dengan warna yang ditentukan di toolbox danpilihan
transparent
membuat warna latar menjadi tidak berwarna.
c Menggunakan toolbox
Sewaktu pertama kali diaktifkan toolbox akan ditampilkan di sebelah kiri bidang kerja dandapat dipindah sesuai keinginan. Jika pada tool tersebut terdapat tanda panah di sebelah kananbawah, maka hal ini menandakan terdapat tool lain yang serupa. Untuk menampilkan tool-tooltersebut klik dan tahan sekitar satu detik di ikon tool.
Gambar 6.6 Toolbox PhotoShop 7.0
Fungsi beberapa
toolbox
ditunjukkan pada table berikut:
TIK KELAS XI73
d Pewarnaan
Pewarnaan adalah bagian yang sangat penting dalam pengolahan citra. Ada beberapa carapewarnaan citra bitmap dengan Photoshop, diantaranya:
1. Menggunakan toolbox
Untuk mengubah warna
foreground
dan
background
menggunakan toolbox digunakan toolberikut:
TIK KELAS XI
IkonNamaFungsi
Move toolMemindahkan objekMagic wand toolMemilih objek berdasarkan warnaSlice toolMembuat area kerja operasiBrush toolMembuat bentuk garis dengan berbagai style garis.History brush toolMembatalkan brush yang telah dilakukan.Paint bucket toolMemberikan warn gradasiDodge toolMenghapus objek sedikit demi sedikitHorizontal type toolMemasukkan teks pada area kerjaRectange toolMembuat gambar diarena kerjaEyedropper toolMengukur warna yang dimili oleh suatu kompuer.ZoomMengatur ukuran tampilan jendela keja atau windowRectangle marque toolMembuat seleksi persegiPolygonal lasso toolMembuat seleksiCrop toolMemotong objekClone stamp toolMengedit citraEraser toolMenghapus objekBlur toolMejadikan objek kabur Path selection toolMerubah bentuk pointer Pen toolMembuat bentuk bebasNotes toolMembuat catatan-catatan pada objekHand tollMemindahkan objek
74
Switch foreground andbackground color Set foreground color
Gambar 6.7 toolbox color
•
Set foreground color
Digunakan untuk memberi warna tool paint brush, air brush, pencil, paint bucket dansebagainya.
•
Set background color
Digunakan untuk mengatur warna latar belakang dengan syarat sudah diatur saat settingkanvas baru.
•
Default foreground and background color
Pilihan ini akan mengembalikan warna latar depan dan belakang ke posisi default, yaituhitam dan putih.
•
Switch foreground and background color
Pilihan ini akan membalikkan warna, background menjadi foreground dan foregroundmenjadi background.Untuk mengubah warnanya, tekan
foreground
atau
background
sehingga akan ditampilkankotak dialog seperti berikut:
Gambar 6.8 Kotak dialog Color Picker
Color picker
menyediakan pilihan sejumlah 256
3
atau 16.777.216 warna. Klik salah satuwarna atau tentukan nilainya untuk mendapatkan warna-warna yang dikehendaki dan tekantombol
OK
untuk mengakhiri.
2.Menggunakan pallete
Warna
background
dan
foreground
juga dapat diatur dengan menggunakan
pallete color
dan
swatches
. Untuk melakukannya pilih satu warna di pallete dan gunakan tool
paint bucket
, kemudian klik di objek yang dimaksud.
TIK KELAS XI75
Set background color Default foreground andbackground color